PROFIL PPID IAIN PONTIANAK

Dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 BAB I Ketentuan Umum pasal 1  angka 9 bahwa yang dimaksud dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di badan publik.

Sesuai dengan PMA No. 94 tahun 2014 tentang struktur organisasi dan tata kerja IAIN Pontianak, dinyatakan bahwa tugas di bidang administrasi umum itu diantarnya terdapat Sub Bagian Tata Usaha, Kehumasan, Pengelolaan Arsip. Perencanaan, Pengelolaan Barang Milik Negara dan keuangan. Semua itu dikoordinir oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan. Guna melaksanakan UU no. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi, Rektor IAIN Pontianak sebagai atasan PPID membentuk struktur PPID IAIN Pontianak.

Atasan PPID

Atasan PPID dijabat oleh Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA lahir di Ketapang, 24 Mei 1971. Saat ini menjabat sebagai Rektor IAIN Pontianak Masa Jabatan 2018-2022 ini bertempat tinggal di Komplek Villa Sepakat No. 18 Jl. Sepakat 2. Rektor termuda dalam sejarah kepemimpinan IAIN Pontianak ini memiliki motivasi dan keyakinan tinggi dalam setiap hal yang akan diwujudkannya. Oleh karena itu tidak heran jika kesuksesannya menjadi orang nomor satu di IAIN Pontianak diraihnya berkat kerja keras, kerja tuntas, dan kerja ikhlas yang dilakukannya selama ini.

Syarif begitu panggilannya menyelesaikan jenjang pendidikannya di SDN Pematang Naning, Ketapang tahun 1985. Selanjutnya ia pun melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ketapang dan lulus tahun 1988. Setelah lulus ia pun melanjutkan ke Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) lulus tahun 1991. Berkat perjuangan dan tekad yang kuat ia pun melanjutkan studi Strata 1 di IAIN Syarif Hidayatullah Cabang Jakarta dan lulus tahun 1996. Tidak berhenti sampai disitu, ia pun hijrah ke Ibu Kota untuk melanjutkan studi Strata 2 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta lulus tahun 2003. Akhirnya pada tahun 2009 ia pun berhasil meraih gelar Doktor pada bidang Tafsir Hadits di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Penulis buku fenomenal Wujud di Balik Teks ini pernah menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Syariah STAIN Pontianak. Kemudian ia pun pernah menjabat sebagai Asisten Direktur II Pascasarjana STAIN Pontianak. Pada tahun 2014-2018 ia diamanahi jabatan strategis sebagai Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan. Akhir tahun 2017 Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin menetapkannya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Rektor IAIN Pontianak. Hingga akhirnya pada tanggal 6 Juni 2018 bertepatan 21 Ramadhan 1439 H dirinya resmi dilantik oleh Menteri Agama RI sebagai Rektor IAIN Pontianak.

PPID Utama IAIN Pontianak

PPID Utama UI dijabat oleh Dr. H. Saifuddin Herlambang, MA. Salah satu pejabat termuda di lingkungan IAIN Pontianak dengan usia 45 tahun telah menjabat sebagai Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan IAIN Pontianak. Bernama lengkap Dr. H. Saifuddin Herlambang, MA lahir di sebuah kampung kecil bernama Gunting Saga, Kecamatan Kuala Hulu, Kabupaten Labuhan Batu pada 22 Oktober 1973. Ternyata ada rahasia di balik pemberian nama Saifuddin Herlambang, kedua orangtuanya sengaja memilih nama tersebut yang artinya pedang agama yang menjadi lambang.

Putra dari H. Amir Hasan Munthe dan Ibu Hj. Syamsinar Simanjuntak sedari awal memang sudah dididik dengan pendidikan agama. Tak heran rasanya mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi keseluruhannya berlatarbelakang agama. Pria yang pernah meraih Juara 1 MTQ Antar Mahasiswa di Lampung tersebut mengenyam pendidikan di SD Alwashliyah Gunting Saga. Kemudian melanjutkan pendidikannya di MTs Alwashliyah Gunting Saga. Selanjutnya mengenyam pendidikan di MA Medan Sumatera Utara. Ia pun merantau dan hijrah dari daerah asalnya menuju ibu kota dan melanjutkan studinya di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, lulus tahun 1999. Tak berselang lama setelah lulus S1, kemudian di tempat yang sama ia pun melanjutkan Strata 2 Jurusan Tafsir Hadits UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, lulus tahun 2004. Hingga akhirnya di tahun 2017 ia meraih predikat cumlaude untuk gelar Doktor pada Jurusan Tafsir Hadits UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pria yang pernah dianugerahi sebagai profil ustadz terlaris-manis Ramadhan 2009 Versi Kaltim Post tersebut sejak dulu hingga kini selain berprofesi sebagai dosen/pengajar sekaligus pejabat di IAIN Pontianak, ia juga aktif memberi tausyiah di majelis taklim dan membimbing haji serta umroh

Lampiran SK